Mengenal Teknik Sablon Flocking, Keistimewaan, dan Cara Merawatnya

Penggunaan sablon untuk membuat desain yang unik dan berbeda tentu sudah tidak asing lagi. Nah, salah satu teknik sablon yang cukup banyak peminatnya saat ini adalah sablon flocking.

Sebagai salah satu teknik proses cetak, sablon ini banyak kamu temukan pada desain kaos, jaket, topi, dan sebagainya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang salah satu jenis sablon, yaitu sablon flocking

Apa itu Sablon Flocking?

Sablon flocking adalah jenis sablon timbul pada kaos yang membuat permukaan desain terasa lembut dan berbulu seperti beludru. Itulah sebabnya jenis sablon ini juga dikenal dengan sablon beludru. 

Flock merupakan bahan serat berupa serbuk yang memiliki tampilan seperti beludru. Proses pembuatannya memerlukan mesin pemanas serta lem khusus, agar desain pada bahan tersebut bisa berpindah dan menempel dengan kuat.  

Keseluruhan prosesnya memang tergolong cukup rumit dan memerlukan ketelitian yang tinggi. Namun, jenis sablon ini tetap memiliki banyak peminat karena kesan timbul dan mewahnya yang menonjol. 

Keunggulan Sablon Flocking

Sebelum memilih jenis sablon, ada baiknya kamu mengetahui karakteristiknya terlebih dulu. Hal ini akan membantumu untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kelebihan dari sablon jenis ini adalah:

  • menutup serat kain dengan sempurna
  • menghasilkan permukaan yang lembut dan berbulu,
  • memberi kesan eksklusif dan berkelas seperti beludru,
  • cocok untuk beberapa jenis bahan kaos,

Proses pembuatan sablon jenis flocking ini memang cukup rumit, tapi kamu tidak perlu meragukan hasilnya. Desain akhirnya sangatlah lembut dan elegan. Jadi, jenis sablon ini cocok untuk mendesain angka dan gambar clip art pada kaos. 

Perawatan Sablon Flocking

Agar desain pada kaos dengan sablon flocking tidak rusak dan tahan lama, kamu perlu merawatnya dengan berhati-hati. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu praktikkan:

  • Cucilah pakaian dengan tangan dan hindari penggunaan mesin cuci,
  • Pastikan desain sablon berada di bagian dalam pakaian saat mencuci, 
  • Jauhkan dari paparan langsung sinar matahari saat mencuci,
  • Gunakan alas kain dan hindari menyetrika desain secara langsung,
  • Gunakan roller lengket atau selotip yang kuat untuk menghilangkan bulu-bulu dari luar yang menempel pada desain.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar desain pada pakaianmu bisa lebih awet. Perawatannya memang harus ekstra hati-hati agar gambar sablonnya tidak mudah rusak atau bahkan terkelupas.

Berminat untuk Memesan?

Sumber: skreenandsound

Itu dia semua hal tentang sablon flocking yang bisa kamu pertimbangkan. Nah, kini apakah kamu tertarik membuat kaos atau hoodie dengan teknik sablon ini? Jangan lupa untuk memperhatikan di mana membuatnya, sebab jasa sablon yang profesional dan tepercaya akan menghasilkan barang yang berkualitas untukmu.

Kalau kamu ingin memesan kaos sablon flocking Bandung dengan harga bersahabat dan kualitas kelas atas, Skreen&Sound adalah solusinya. Ada beragam bahan kaos dan tinta sablon yang sesuai dengan kebutuhan desainmu. Namun tak hanya sablon flocking saja, kamu juga bisa mencoba jenis sablon lain di sini.

Home

Order via WA