Mengenal Teknik Sablon Discharge, Kelebihan dan Kekurangannya

Memahami jenis-jenis sablon sangat penting terutama buat kamu yang ingin memulai bisnis streetwear, terutama kaos. Salah satu jenis sablon yang banyak digemari pasar saat ini adalah sablon discharge. Hasil sablon ini berbeda dengan sablon manual lainnya. Tentu saja setiap jenis sablon termasuk teknik discharge memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Karakteristik Sablon Discharge

Pexels

Sablon discharge adalah teknik dengan menggunakan jenis tinta yang dapat mengubah warna dasar pada kain menjadi sama dengan warna tinta. Istilah lain sablon discharge adalah cabut warna.

Jenis tinta sablon discharge yakni dengan memadukan bubuk khusus atau binder dengan tinta super white. Bahan-bahan tersebut kemudian diformulasikan agar zat warna pada kain hilang.

Setelah warna dasar hilang, tinta sablon akan menghasilkan warna sablon yang senada dan bahkan lebih bagus. Dengan teknik sablon discharge manual ini, maka hasil sablonan akan lebih maksimal dan kualitasnya lebih bagus karena tembus ke kain.

Kelebihan Sablon Discharge

Buat kamu yang penasaran dengan kelebihan sablon discharge, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Lembut dan Rata

Hasil sablon discharge pada umumnya lebih lembut dan rata karena teknik yang digunakan adalah cabut warna. Ini sebabnya tinta sablon bisa langsung menyerap ke dalam kain. Permukaan sablon pun menjadi lebih halus dan tidak terasa kaku atau keras.

2. Lebih Awet

Keuntungan lainnya jika menggunakan sablon discharge adalah lebih awet dan tintanya tidak mudah luntur, maupun retak. Hal ini karena tinta yang digunakan bukan tinta timbul sehingga kecil kemungkinannya untuk retak. Alhasil kaos dengan jenis sablon ini pun bakal lebih awet.

3. Lebih Mudah

Meskipun terkesan sulit karena harus cabut warna, proses pengerjaan sablon discharge justru tergolong lebih mudah dan tidak rumit. Meskipun pengerjaannya dengan manual, namun hasilnya lebih memuaskan dan alami.

4. Demand Tinggi

Permintaan pasar akan produk dengan sablon discharge pada umumnya lebih tinggi, khususnya untuk kaos distro. Maka sangat cocok buat kamu yang ingin memulai bisnis kaos dengan fokus menggunakan teknik discharge.

5. Cocok untuk Warna Gelap

Pemilihan warna kain juga menentukan hasil dari teknik discharge. Agar hasilnya lebih maksimal, maka jenis sablon ini lebih cocok untuk kaos warna gelap seperti hitam dan navy.

Kekurangan Sablon Discharge

Selain kelebihan di atas, sablon discharge juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Tidak Cocok untuk Semua Jenis dan Warna Kain

Tidak semua warna dan jenis kain cocok menggunakan teknik sablon discharge. Teknik ini hanya bisa kamu gunakan untuk bahan 100% cotton. Selain itu, warnanya hanya akan maksimal pada warna gelap. Sehingga teknik ini juga tidak cocok untuk desain kaos colorful.

2. Harga Mahal

Teknik sablon discharge juga cenderung lebih mahal daripada jenis sablon manual lainnya, karena handlingnya yang lebih sulit. Tapi jangan khawatir, disini haragnya sama aja kok.

Buat kamu yang ingin mencoba memulai bisnis distro dengan menggunakan teknik sablon discharge, maka mencari jasa sablon berkualitas adalah yang utama. Percayakan semua kebutuhan sablon untuk bisnismu hanya pada Skreen&Sound yang berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Home

Order via WA