Mengenal Cat Sablon Rubber dan Keunggulannya

Meskipun bukan teknik sablon baru, tapi masyarakat masih banyakj yang memilih sablon rubber. Jenis sablon ini memang dikenal berkualitas dan harganya cukup terjangkau. Nah, seperti apa kualitas dari sablon ini yang menyebabkan banyak orang masih memilihnya? 

Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang teknik sablon ini. 

Mengenal Teknik Sablon Rubber 

Unsplash

Selain rubber, plastiso juga merupakan teknik sablon yang banyak diminta pasar. Namun jika membandingkan sablon rubber dan plastisol, tentu kamu harus tahu perbedaan utamanya, yaitu bahan dasar tintanya. 

Sablon rubber memakai tinta water based atau yang berbahan dasar air. Namun, tinta ini juga merupakan campuran dari air dan karet. Dari situlah nama teknik sablon ini berasal. 

Tinta berbahan dasar air menjadi pilihan populer karena kemudahan dalam mengaplikasikannya. Tekniknya tidak rumit, juga tidak membutuhkan bahan sablon yang bermacam-macam. 

Keunggulan Sablon Rubber 

Unsplash

Mengenal teknik sablon yang satu ini tentunya harus diawali dengan mengetahui kelebihan sablon rubber terlebih dulu. Nah, apa saja keunggulannya?

1. Elastis

Sifat sablon rubber adalah cukup elastis, karena menggunakan tinta berbahan dasar air. Bahan ini juga memudahkan untuk menempel pada bahan kain serta bisa mengikuti perubahan bentuk kainnya. 

2. Murah dan Bahan Mudah Didapat

Selain elastis, faktor lain yang menguntungkan adalah kemudahan mendapatkan tinta dan bahan-bahan untuk teknik sablon ini. Tanpa kerepotan mencari, siapa pun bisa mendapatkan bahan lengkap di toko alat sablon terdekat.

Karena mudah didapat inilah, sablon rubber pun harganya cukup terjangkau. Harga sablon rubber saat ini tidak mahal, karena berbahan water-based.

3. Mudah Diaplikasikan dan Dikoreksi 

Teknik sablon ini unggul karena pengaplikasiannya mudah dan bisa untuk dikoreksi. Karena menggunakan tinta berbahan dasar air, maka jika ada kesalahan, tak sulit untuk menghapus dan mengoreksinya.  

4. Cepat Kering

Sablon jenis ini tidak membutuhkan proses pengeringan yang rumit. Meskipun tintanya berbahan dasar air, namun proses pengeringannya cukup cepat, sehingga waktu produksi pun bisa makin pendek.

5. Perawatan Mudah

Merawat kaos bersablon rubber tidak merepotkan. Tentunya akan menyulitkan jika hasil sablon mudah rusak dan perlu perawatan khusus. Untungnya hal itu tidak terjadi pada sablon ini.  

Kekurangan Sablon Rubber 

Di balik daftar keunggulan di atas, namun teknik sablon rubber pun juga punya kelemahan. Kalau kamu berniat untuk memesan atau membeli kaos bersablon rubber ini, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kurang Awet

Salah satu masalah yang kerap muncul adalah tulisan atau gambar sablon sering berkerak dan retak-retak, setelah beberapa lama. Kamu perlu sedikit berhati-hati dalam memperlakukan kaos dengan sablon ini agar sablonnya bertahan lama. 

2. Kurang Tahan Panas

Karena sifat karet yang gampang meleleh, maka sablon ini pun bisa cepat rusak jika terkena panas. Saran terbaik adalah untuk tidak menyetrika bagian sablonnya langsung. Selain itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan pengering pakaian bersuhu tinggi. 

3. Sablon Bisa Menempel

Masalah lain yang cukup sering muncul saat penyimpanan adalah sablon menempel. Jadi, sebaiknya hindari menumpuk kaos dengan sablon ini, apalagi dalam waktu lama.  

Karena kekurangan dari teknik sablon ini lebih banyak berkaitan dengan cara perawatannya, perlu berhati-hati dalam merawat pakaian dengan sablon ini. 

Selebihnya, sablon rubber memberikan banyak kemudahan dengan hasil yang memuaskan. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan kaos dengan sablon rubber yang berkualitas,Skreen&Sound siap membantu mewujudkan keinginanmu.

Home

Order via WA