Apa Itu Sablon Raster? Ini Pengertian dan Cara Merawatnya

January 17, 2023

Unsplash

Kaos menjadi salah satu jenis produk pakaian yang banyak orang-orang pakai untuk aktivitas sehari-hari. Tak jarang kaos menjadi pilihan untuk membuat seragam event tertentu sehingga peluang bisnis ini cukup menggiurkan. Salah satu jenis sablon yang hits adalah sablon raster. 

Yuk, cari tahu karakteristik dan kelebihan teknik sablon yang satu ini.

Pengertian Sablon Raster

Kaos yang menggunakan sablon raster dikenal juga dengan teknik sablon separasi. Metode sablon raster merupakan teknik cetak yang menggabungkan banyak warna dalam proses sablon. Kombinasi warna tersebut adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black).

Kombinasi warna ini mampu menghasilkan berbagai jenis warna yang menyusun pola hiasan sablon. Perpaduan warna tersebut yang menjadi inti dari sablon agar suatu gambar utuh (full color) dapat terbentuk.

Proses pembuatannya hampir sama dengan sablon vector yakni dibuat berdasarkan desain gambar raster. Teknik sablon ini berupa dot titik-titik yang akan membentuk gambar ketika dirangkai.

Jenis tinta sablon pun tidak bisa kamu gunakan untuk semua desain raster karena cara kerjanya adalah dengan memadukan beberapa warna. Tinta yang bisa kamu gunakan seperti tinta superwhite, tinta extender, dan tinta rubber transparan. Perpaduan warna tersebut yang akhirnya membentuk gradasi dan gambar yang utuh.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Raster

Setiap jenis sablon tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali sablon raster. Kelebihan sablon raster adalah kapasitasnya yang mampu mencetak gambar detail kecil dengan penggunaan warna maksimal.

Hasil sablon pun akan menghasilkan permukaan yang halus dan lembut. Selain itu, sablon raster juga cenderung lebih awet dan tahan untuk jangka panjang. Warna akan lebih meresap ke serat kain jika menggunakan tinta superwhite.

Sementara itu, kekurangan sablon raster adalah kebutuhan cat yang banyak sehingga biaya modal untuk membuat sablon dengan teknik ini juga lebih tinggi. Gambar desain raster juga harus karena jika tidak, hasilnya pun menjadi kurang maksimal.

Sablon raster juga terkesan cukup rumit dan tidak terlalu mudah jika kamu bandingkan dengan sablon vector. Karen butuh keterampilan yang mumpuni agar bisa menghasilkan cetakan yang menarik dan berkualitas.

Cara Merawat Sablon Raster

Kaos yang menggunakan teknik sablon raster biasanya memiliki kualitas yang cukup awet. Namun, tentu saja harus memahami cara merawatnya agar warna tetap cemerlang dan tidak kusam. Berikut ini cara merawat sablon raster yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

  • Rendam kaos tidak lebih dari satu jam menggunakan deterjen secukupnya agar kaos tidak cepat retak.
  • Hindari menyikat hiasan sablon atau mengucek dan memerasnya dengan kuat karena dapat merusak pori-pori kain.
  • Jemur terbalik dengan hiasan sablon di bagian dalam serta hindarkan dari terik sinar matahari agar warna tidak pudar.
  • Cuci secara manual dan hindari menggunakan mesin cuci.
  • Jangan menyetrika kaos sablon raster saat masih basah dan tunggu hingga benar-benar kering.

Buat kamu yang ingin membuat kaos seragam dengan sablon raster, tentu harus memperhatikan kualitas vendor. Salah satu vendor terpercaya yang bisa kamu ajak kerja sama adalah Skreen&Sound, yang terbukti profesional dan berpengalaman di bidang ini.

Bagaimana Memilih Font yang Tepat untuk Desain Tulisan Kaos Anda?

read more

Kombinasi Warna Ideal untuk Desain Tulisan pada Kaos

read more

Tips Membuat Desain Tulisan Kaos untuk Acara Khusus dan Komunitas

read more

Inspirasi Desain Tulisan Kaos: Dari Kata-kata Motivasi hingga Humor

read more

Cara Menjaga Kualitas Sablon Velvet pada Pakaian Favoritmu

read more

Mengapa Sablon Velvet Menjadi Pilihan Favorit untuk Merchandise Eksklusif?

read more
Hubungi via WhatsApp 📞