Apa itu Sablon Foam? Kenali Karakteristik dan Kelebihannya!

January 18, 2023

Sablon adalah teknik untuk mencetak desain atau gambar pada kain. Bagi pengusaha maupun konsumen, mempertimbangkan kualitas dan jenis sablon tentu sangatlah penting. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai salah satu sablon populer, yaitu sablon foam

Apa itu Sablon Foam?

how to screen print puff ink
Sumber foto disini

Sablon timbul atau sablon foam adalah jenis sablon timbul pada kaos yang membuat desain menggembung seperti busa atau foam

Jenis sablon ini bisa memberikan efek timbul yang halus dan cocok diaplikasikan pada bahan katun. Proses ini biasanya dilakukan secara manual dengan menggunakan tinta khusus dan proses pemanasan. Dalam prosesnya, teknik sablon ini memerlukan dua jenis cairan, yaitu bahan cairan dan minyak. Pilihan warnanya pun juga bervariasi.

Proses pemanasan inilah yang membuat hasil sablonan mengembang. Jenis sablon ini memerlukan teknik khusus agar hasilnya tidak pecah dan rontok. Keseluruhan prosesnya cukup rumit dan memerlukan ketelitian yang tinggi.

Keunggulan Sablon Foam

Banyak yang memanfaatkan sablon untuk membuat desain yang unik dan berbeda. Sebagai salah satu teknik proses cetak, sablon banyak dipilih untuk melengkapi tampilan kaos, kaos kaki, jaket, dan jenis produk garmen lainnya.

Sebelum memilih jenis sablon, ada baiknya kamu mengetahui karakteristiknya terlebih dulu. Dengan demikian, kamu tentu bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kelebihan dari sablon jenis ini adalah:

  • menghasilkan tekstur tiga dimensi seperti busa yang unik,
  • desain menarik dan memberi kesan ceria,
  • cocok untuk beberapa jenis bahan kaos,
  • kamu bisa mengombinasi sablon ini dengan sablon rubber dan plastisol.

Meskipun demikian, sablon ini hanya bisa menghasilkan warna-warna dasar saja. Pengaplikasian jenis sablon ini cocok untuk kaos anak-anak, seragam, baju olahraga, dan masih banyak lagi. 

Perawatan Sablon Foam

Agar desain pada kaos dengan sablon foam tahan lama, kamu perlu berhati-hati saat merawatnya. Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu praktikkan:

  • balik pakaian saat mencuci dan menyetrika,
  • hindari merendam pakaian terlalu lama,
  • gunakan deterjen secukupnya,
  • hindari penggunaan pemutih pakaian,

Beberapa tips tersebut bisa kamu praktikkan agar desain pada pakaianmu bisa lebih awet. Merawat pakaian dengan sablon foam memang harus berhati-hati agar gambar sablonnya tidak mudah rusak dan tahan lama.

Berminat untuk Memesan?

Sumber: skreenandsound

Itu dia semua hal mengenai sablon foam yang perlu kamu tahu. Nah, jika kamu tertarik memesan kaos sablon foam Bandung dengan harga bersahabat dan kualitas mantap, kamu tentu memerlukan vendor yang memberikan kualitas terbaik dengan harga yang menarik.

Segera hubungi Skreen&Sound, yang menyediakan berbagai pilihan kaos dan tinta sablon yang sesuai dengan kebutuhan desainmu. Tak hanya bisa mengerjakan sablon foam saja, kamu juga bisa pesan kaos dengan teknik sablon lainnya di sini. Yuk, segera pesan!

Bagaimana Memilih Font yang Tepat untuk Desain Tulisan Kaos Anda?

read more

Kombinasi Warna Ideal untuk Desain Tulisan pada Kaos

read more

Tips Membuat Desain Tulisan Kaos untuk Acara Khusus dan Komunitas

read more

Inspirasi Desain Tulisan Kaos: Dari Kata-kata Motivasi hingga Humor

read more

Cara Menjaga Kualitas Sablon Velvet pada Pakaian Favoritmu

read more

Mengapa Sablon Velvet Menjadi Pilihan Favorit untuk Merchandise Eksklusif?

read more
Hubungi via WhatsApp 📞